Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Selasa, 20 Januari 2009

Cacar Ular (Herpes Zoster) Tidak mematikan Kok!


“Awas! Kalau cacar ularnya sampai melingkari tubuh, bisa mati loh!” Mungkin kita sering mendengar ungkapan seperti ini. Ada yang sebagian percaya ada juga yang tidak. Herpes zoster, atau yang dikenal dengan nama cacar ular, sebenarnya tidak berbahaya. Juga tidak mungkin sampai melingkari badan. Itu hanyalah mitos belaka yang tak berdasar.

Cacar ular adalah penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi virus varisela-zoster yang menyerang kulit dan mukosa. Jadi jika pada masa anak-anak seseorang pernah terkena infeksi cacar air (varisela), maka virusnya tidak mati semua. Beberapa virusnya ngumpet di ganglion-ganglion (kumpulan badan sel saraf)di susunan saraf tepi. Mereka menunggu saat yang tepat, yaitu jika saat daya tahan tubuh melemah. Jika saat itu tiba, maka mereka pun akan melancarkan serangan mereka kembali dalam bentuk cacar ular.

Penyakit ini lebih sering megenai orang dewasa dan frekuensi pada pria maupun wanita sama. Muncul jika ada faktor pencetusnya, misalnya kurang tidur, terlalu lelah ataupun stress psikis.

Paling banyak virus-virus ini bersembunyi di ganglion saraf dada, tapi juga bisa di ganglion saraf otak atau lainnya. Nah, tempat mereka melakukan serangan selalu adalah daerah yang dipersarafi oleh saraf tersebut. Jadi bentuknya akan melingkar. Misalnya di ganglion saraf dada keempat (yang sejajar dengan putting susu) kanan, maka di sepanjang jalan saraf itu dari punggung sampai ke depan melingkar ke arah dada.

Tanda dan Gejala
Sebelum timbul gejala kulit biasanya muncul demam, pusing, pegal-pegal seperti lu biasa. Kemudian kulit yang dipersarafi oleh saraf tempat tinggal virus-virus varisela-zoster yang bersembunyi menjadi kemrahan. Kemudian akan munvul vesikel-vesikel (gelembung-gelembung) berisi cairan jernih yang kemudian menjadi keruh. Jika terjadi infeksi sekunder maka bisa berdarah ataupun bernanah. Pada tempat itu juga dapat dirasakan seperti baal atau menjadi kaku. Kemudian akan mereda sendiri dalam waktu kurang lebih 2 minggu.

Komplikasi
Nah, yang menjadi masalah adalah bila terjadi komplikasi. Bila herpes zoster ini terjadi di daraf muka yang melintasi sampai mata, maka dapat berakibat kebutaan. Atau bial terkena saraf otak yang mempersarafi muka, maka dapat mengakibatkan Sindrom Ramsay Hunt, yaitu otot muka yang menjadi lumpuh disertai gangguan pendengaran, vertigo, muntah-muntah.

Pada penderita berusia di atas 40 tahun, dapat terjadi komplkasi yang lumayan berat yaitu neuralgia pascaherpetik, yaitu rasa nyeri pada tempat yang pernah terkena setelah sembuh. Presentasenya lumayan banyak berkisar anatara 10-15%. Nyeri yang dirasakan sedemikian hebatnya sehingga sangat menyiksa penderitanya.

Pengobatannya
Pengobatannya sebenarnya sangat sederhana, yakni hanya simtomatik. Jika nyeri diberi obat anti nyeri, jika demam diberi penurun demam. Jika memang dibutuhkan, misalnya daya tahan tubuh penderita rendah, maka dapat diberikan obat antivirus seperti aksiklovir atau valasiklofir.

Sialnya untuk Sindrom Ramsay Hunt belum ada obat yang cespleng. Namun dapat dicoba akupunktur sebagai alternative. Lagipula sebenarnya rasa nyeri tersebut dapat hilang sendiri.

Prognosisnya umumnya baik karena sebetulnya dapat sembuh sendiri bila daya tahan tubuh bagus . Jika terkena herpes zoster maka jagalah daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan supaya jangan sampai terkena infeksi sekunder, maka cacar ular pun akan pergi dengan sendirinya.

30 komentar:

  1. pernah dengar tentang penyakit ini tapi ga pernah dialami keluarga2 sekitar aku, wahh.. pengobatannya ada yg akupuntur *Serem >_<
    brarti setelah kena cacar air juga harus hati2 yah XD XD makasi infonya =D

    BalasHapus
  2. iiyh kyk pilem horor... @_@'

    BalasHapus
  3. waa sawdara qu pernah kena kalaw gasalah, di daerah punggung kalaw gasalah, uda lama c, n pas uda sembuh jadi berbekas. heheheheu kaya tato naga jadinyah XD . hayow ati2 jangan sampe kena hyyy

    BalasHapus
  4. ada ga yg tau cream apa yg bisa ilangin nyerinya? sengsara banget ni.

    BalasHapus
  5. memang cukup mengerikan
    aku pernah mengalami
    tapi obatnya yang paling manjur melalui tukang obat kampung
    kalau cacar ular ini baru mulai muncul, segera di usapkan garam dapur ke bagian yang kena cacar ular,, tapi kalu cacarnya udah besar, gak bisa lagi dikasi garam dapur, nanti tambah parah.. ok

    BalasHapus
  6. gimana nih..
    aku lagi kena cacar ulerr...
    dah 3hari yg lalu..
    obatnya banyak banget..
    ada salep.. antivirus.. peredasakit..anti gatel.
    sembuhna bisa 1 minggu tidak?
    soalnya minggu depan mau pergi ke gunung salak nih...
    masa gagal.. plis infonya..
    kasi tau juga biar cepet sembuh pakai obat apa??
    doain ya teman2

    BalasHapus
  7. terimakasih atas info yg singkat ini aku jd tau semuanya krena salah satu keluarga besarku terkena virus ini tapi sudah sampai tahap tak sadar diri

    BalasHapus
  8. ada yg tau obatnya ga yah, biar cepet sembuh...anak ku kena cacar uler ini, mana baru 1.5 tahun, hikzz...mohon infonya dunk...

    BalasHapus
  9. kebetulan saya sdh pernah mengalami penyakit cacar dari cacar air,cacar ular sampai cacar monyet....memang benar klo cacar itu tdk bisa sembuh total krn sampai saat ini apabila kondisi badan saya sdng melemah maka cacar itu akan muncul....pertanyaan saya..bisa ga cacar itu diobati agar bisa sembuh total?

    BalasHapus
  10. anehh..kata dokter kalo cacar itu nyambung bisa mati...soalnya virusnya itu nyambung jadi satu dan beredar ke seluruh tubuh...aneh sekali..mana yang harus di percaya ?? kebetulan kakak laki2 saya terkena cacar ular.

    BalasHapus
  11. hai,,,
    jawab dong admin,,,anakku kemungkinan terkena cacar ular, usianya 2,6 tahun,,,gmn cara mengatasinya?kasian anak sekecil itu,,,

    BalasHapus
  12. mertuaku dah enam bulan mengalami penyakit ini.belum hilang nyerinya hingga detik ini....3 hari lalu baru keluar dr rumah sakit krn mengalami vertigo dan sempat diinfus...gmana yah menghilangkan nyeri didalam...

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas info soalnya saya penderita cacar ulur(muntah ular) trim's.............

    BalasHapus
  14. Dulu saya pernah kena cacar ular, sembuhnya setelah pake obat tradisional dr sinse

    BalasHapus
  15. info yang sangat bermanfaat:)
    cacar ular juga bisa diobati dengan mengunakan jamu kok:)
    salam sukses selalu:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dengar cara mengobati cacar ular bisa di obati dengan daging mentah di gosokan di bagian yang kena cacar ular ( terus dagingnya di buang aja)...

      Hapus
  16. bener bgt tuh , saya sudah merasakannya .. tapi cacar itu akan hilang dengan sendirirnya ..

    BalasHapus
  17. wawan saepul irwan9/05/2012 2:42 PM

    terima kasih untuk yang punya blog ini dan untuk semua gkommentnya. saat ini saya sedang mengalami mirip seperti itu. mohon do'a semoga lekas sembuh. Amiin

    BalasHapus
  18. papa saya lagi kena, rada kaget juga sih pas dia bilang "Kalau nyambung bisa mati" Tapi disuruh ke dokter gk mau...-__-" Makanya saya langsung cari info di internet dan ketemu :0
    Tapi kok papa saya kena.a di lengan dekat siku ya? :/

    BalasHapus
  19. Skrg sy lg kna cacar ular..ini uda yg ke 3x nya.pertama kna itu sakit banget...uda sampe nyerang saraf.†®ús,aq dikenalin sama nenek2 cina.dia Ъќ>:/ ngasih obat,Ъќ>:/ ngasih salep.cm gambarin tatto besar kayak kelabang..Ъќ>:/ sampe seminggu,cacarx sembuh total..cm sayangx,tattox jelek banget..°•◦нέнέ (๑ⁿ⌣ⁿ๑) нέнέ◦•°



    BalasHapus
  20. Trimakasih Infonya

    BalasHapus
  21. penyebab cacar ular biasa terjadi karena saat kita mandi trs handuk yg kita jemur diterik matahari yg panas kita lap kan ke badan.. atau saat kita berkeringat kita ambil pakaian kita pakai kebadan sementara baju itu dari jemuran yg dijemur diterik panas matahari. hati2 melakukan kebiasaan ini. obatnya coba aja dlu yg alami SAGU dicampur air putih bersih trs pakaikan ke luka tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi baju yang dari panas2an baiknya di dinginkan ya ?
      Hobby saya pake baju panas2 dari jemuran sih .. Tapi alhamdulilah masih aman

      Hapus
  22. Mami aku lagi sakit cacar uler nih :(
    Usianya uda 59 .. Kasian masa sakit ginian nyerangnya ke usia lanjut :( ini skit kedua kali nya ..

    BalasHapus
  23. Saya skrg kena cacar ular .obat yg paling cepat smbuh apa ya kawan2 .mohon info.balas

    BalasHapus
  24. Saya sedang mengalami cacar ular dibagian punggung dan menyambung ke lengan yg mengarah ke ketiak. Sudah muncul tanda2 merah selama 3 hari, berobat ke dokter dikasih obatnya banyak bgt antibiotik 5x2 (10 tablet sehari @400mg), vitamin 2 jenis @3x1 (@3tablet sehari), obat daya tahan tubuh (powder dicampur air) 1x1 (1pcs sehari), bedak salicyl(bedak gatal), bedak cair.
    Beberapa obatnya generik tp ttp aja biaya cukup lumayan bagi kantong saya,tp demi kesehatan yaa gpp.
    Nanti akan saya kabari perkembangannya.
    Tks

    Andre

    BalasHapus
  25. thanks broo pencerahannya, pacar gua kena pnyakit ini soalnya

    BalasHapus
  26. Aku juga pernah alami cacar ular di daerah dada. Pertama aku kira biang keringat tapi ng ilang malah semakin besar hampir sedada. Trus di kasih obat tradisional chainese,, ng sampai seminggu langsung sembuh tanpa bekas lagi. Tapi obatnya sedikit perih dan dingin.. pernah dgr jg kalo sampe cacar ular membuat lingkaran utuh. Si penderita bisa tewas

    BalasHapus